Perkuat Organisasi Dan Pelaksanaan Tugas di Daerah, OJK Solo Gelar Pengukuhan Pimpinan Baru

JATENGONLINE, SOLO – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Pengukuhan Kepala OJK Solo Eko Hariyanto, menggantikan Eko Yunianto yang menempati posisi baru sebagai Kepala OJK Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (13/6/2024)

Pengukuhan dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara, Kepala OJK Provinsi Jawa Tengah Sumarjono, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Pj. Bupati Karanganyar Timotius Suryadi, Forkopimda dan Pimpinan Industri Jasa Keuangan di wilayah Solo Raya.

Mirza Adityaswara dalam sambutannya menyampaikan bahwa OJK mempunyai tugas dan mandat yang lebih besar terhadap sektor jasa keuangan pasca-ditetapkannya Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor keuangan (UU P2SK).

“Mulai awal tahun 2025, OJK akan melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap aset kripto dan juga koperasi open loop yang menerima dana dari luar anggota. Selain itu, hal lain yang menjadi tantangan adalah peningkatan aspek pelindungan konsumen kepada masyarakat,” imbuh Mirza.

Untuk itu diperlukan penguatan program kolaborasi dengan Pemerintah Daerah berkaitan dengan program literasi dan edukasi serta pengembangan potensi daerah dalam rangka peningkatan pengembangan ekonomi khususnya di Wilayah Solo Raya.

“OJK akan terus berupaya memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah melalui program-program sinergi dengan memberikan sumbang saran kepada Pimpinan Daerah melalui dukungan analisis data keuangan dan juga program pengembangan ekonomi daerah,’’ lanjut Mirza.

Kepala OJK Provinsi Jawa Tengah Sumarjono yang mengatakan pengukuhan Kepala OJK yang baru merupakan momentum yang tepat dalam rangka memperkenalkan pimpinan OJK daerah kepada stakeholders penting seperti Walikota dan Bupati.

“Saya berharap program pengawasan dan edukasi serta program lain yang telah berjalan dapat tetap berkelanjutan tentunya dengan inovasi dan ide-ide yang dimiliki pimpinan yang baru sehingga diharapkan mampu meningkatkan program kolaborasi dengan pimpinan daerah,” kata Sumarjono.

Sementara itu, Kepala OJK Solo yang baru Eko Hariyanto berharap dapat melanjutkan program yang sudah berjalan pada periode sebelumnya melalui sinergi dan kolaborasi dengan stakeholders.

Eko Hariyanto saat doorstop dengan awak media

“Kami akan meningkatkan sinergi dengan Pemerintah Daerah, Industri Jasa Keuangan dan stakeholders terkait dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Solo Raya,” katanya.

OJK juga tetap berkomitmen untuk terus melakukan pemberantasan aktivitas
keuangan ilegal antara lain dengan melakukan literasi dan edukasi secara intensif.

Selain itu, melalui kolaborasi dengan media massa diharapkan dapat meningkatkan
publikasi kepada masyarakat terkait informasi perkembangan sektor jasa keuangan. (*/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *