SIPA Community Meriahkan Busan International Dance Festival 2024

JATENGONLINE, SOLO – SIPA Community, penyelenggara Solo International Performing Arts (SIPA) Festival menjadi duta seni Indonesia di Busan International Dance Festival (BIDF) 2024. SIPA Community menampilkan Tari Bedhayan Balabak dan Tari Kridhaning Cupu Manik di BIDF 2024 yang diselenggarakan di Kota Busan, Korea Selatan.

Direktur SIPA Community, R.Ay. Irawati Kusumorasri, M.Sn. mengatakan, “SIPA Community disambut meriah oleh penonton BIDF 2024. Tari tradisi Indonesia mendapat perhatian karena keunikan kostum dan gerakan tari.”

SIPA Community mengikuti serangkaian acara BIDF 2024, antara lain pertemuan dengan panitia penyelenggara festival pada 6 Juni 2024, pertunjukan promosi pada 7 Juni 2024, dan pertunjukan di panggung utama pada 8 dan 9 Juni 2024.

SIPA Community turut tampil pada promosi BIDF 2024 dengan menampilkan Tari Gambyong Calung di Taman Yongdu dan Taman Songdu, Kota Busan, Korea pada 7 Juni 2024. SIPA Community juga berkesempatan bertemu dan berfoto bersama Walikota Busan saat pembukaan BIDF 2024 di Busan Cinema Center pada 7 Juni 2024.

SIPA Community berfoto dengan Walikota Busan, Dubes Hungaria di Korea, dan Artistic Director BIDF 2024

SIPA Community menampilkan Tari Bedhayan Balabak pada 8 Juni 2024 di panggung indoor Busan Cinema Center. Tari Kridhaning Cupu Manik ditampilkan SIPA Community di panggung outdoor Pantai Haeundae, Busan.

Tari Bedhayan Balabak menceritakan misteri alam semesta tentang aura positif dan aura negatif yang saling melengkapi demi keselarasan alam semesta dan kehidupan umat manusia. Sedangkan Tari Kridhaning Cupu Manik menceritakan pertikaian tiga bersaudara memperebutkan pusaka Cupumanik Astagina.

SIPA Community berfoto dengan Shin Eunju, artistik director BIDF 2024 setelah menampilkan Bedhayan Balabak

SIPA Community turut mempererat hubungan diplomasi Indonesia dan Korea melalui seni dan budaya. SIPA Community berjejaring dengan delegasi lainnya serta organisasi seni lainnya yang hadir pada BIDF 2024, termasuk delegasi dari Hungaria, Jepang, Peru, Lithunia, Australia, New Zealand, dan Korea.

SIPA Community yang menjadi salah satu delegasi di BIDF 2024 terdiri dari direktur SIPA Community, 9 orang penari, dan satu official. SIPA Community didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia; Bank Rakyat Indonesia (BRI); dan Telkom Indonesia. (*/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *