Kementrian Investasi BKPM RI, Dukung Penuh Solo Great Sale 2024 Melalui ‘Grebeg Investasi’

JATENGONLINE, SOLO – Event Solo Great Sale (SGS) merupakan event tahunan yang dimulai sejak tahun 2015 hingga tahun 2024 ini telah memasuki SGS yang ke 10 digelar bersamaan dengan penyelenggaraan HUT Dekranas Ke 44 pada 14-18 Mei 2024 dan HKG PKK pada 16 Mei 2024 yang diselenggarakan di Kota Surakarta, yang diikuti oleh 38 Provinsi se-Indonesia dan dihadiri lebih dari 6000 delegasi dan peserta.

Ketua Kadin Solo Ferry Indrianto menyampaikan, bahwa selain dimanfaatkan untuk Penguatan Ekosistem Kepariwisataan Solo Raya, seperti Pengembangan Paket Promosi Wisata Berkelanjutan meliputi Paket Kuliner, Budaya, Kesehatan dan juga menjadi kesempatan bagi KADIN untuk menjalankan Program “Ayo Berkadin”. 

“Besar harapannya konektivitas ekosistem dari pelaku usaha Dekranas dengan Kadin.” jelas Ferry.

Sementara Kementerian Investasi/BKPM RI menyampaikan, dukungan terhadap pelaksanaan Solo Great Sale 2024.

“Mendorong terwujudnya Kota Solo sebagai kota yang ramah Investasi, sekaligus menjadi pusat aglomerasi wilayah Soloraya,” kata Iwan Suryana Deputi Pengembangan Iklim Pengembangan Modal Kemenves/BKPM.

Deputi Kementrian BKPM RI

Supporting event dari Kementerian Investasi/BKPM RI yakni meliputi :

a. Opening Ceremony yang dimeriahkan dengan parade Gunungan Solo Great Sale

tanggal 5 Mei 2024 di CFD Perempatan Ngarsopuro dengan mengangkat tema

“Grebeg Investasi”

b. Forum Investasi (7 Mei 2024, Aston Hotel)

Narasumber:

• Walikota Surakarta,

• Deputi Promosi Kementerian Investasi/ BKPM RI,

• Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah dan

• Ketua Kadin Provinsi Jawa Tengah

c. Forum Peningkatan Kompetensi UMKM Perempuan Mandiri (17 Mei 2024,

Ndalem Wuryaningratan)

Keynote Speakers :

• Ibu Tito Karnavian

• Ibu Sri Suparni Bahlil

• Ibu Selvi Ananda

• Bp. Iwan Suryana

Narasumber:

• Direktur Pemberdayaan Usaha Kemeninvest/BKPM RI dan

• PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk

d. Soloraya Investment Forum & Investment Clinic (1 Juni 2024, Solo Paragon Hotel)

e. Solo Investment & Public Service EXPO (30 Mei – 2 Juni 2024, Solo Paragon Mall)

Ferry S. Indrianto

Program 17 Titik Prioritas Pembangunan Kota Solo merupakan upaya Gibran Rakabuming Raka selaku Walikota Surakarta dalam rangka mempersiapkan dan mengupgrade infrastruktur Kota Solo agar ke depan dapat mengambil Peran Sentral, khususnya dalam konteks Pengembangan Potensi Wilayah Aglomerasi Solo Raya

Potensi Wilayah Soloraya dengan aneka produk kreatif unggulan seperti : Budaya, Seni Pertunjukan, Kuliner, Batik, Textile, Fashion, Mebel, Kerajinan, Percetakan dan lainnya, memiliki portensi investasi yang beragam dan sangat menarik bagi investor untuk mengembangkan Solo sebagai pusat aglomerasi dan pintu gerbang investasi di wilayah Soloraya.

Kegiatan Solo Great Sale tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 1-31 Mei 2024 dengan mengangkat tema “Pesona Wisata & Belanja di Kota Budaya”. Tema ini menekankan pesona wisata dan kekayaan produk-produk lokal yang kreatif maupun peluang-peluang bisnis dan investasi di Kota Solo dan sekitarnya (Soloraya). Hal ini dapat mendorong prospek produktivitas perekonomian masyarakat di wilayah Solo Raya.

Momentum dimulainya kegiatan Solo Great Sale 2024 ini ditandai dengan acara Opening Ceremony, Minggu (5/5/2024) bertempat di Car Free Day (CFD) Perempatan Ngarsopuro pada jam 06.30 WIB – selesai, akan dihadiri dan dibuka oleh Menteri Investasi / Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia, Ketua Kadin Indonesia Arsyad Rasjid, Ketua HUT Dekranas Loemongga, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Acara akan dimeriahkan dengan Parade Solo Great Sale “Grebeg Investasi” dengan menampilkan > 30 gunungan dari cluster UMKM : Kadin dan asosiasi, Dekranas, Perbankkan, BUMN, BUMD, Transportasi, Hotel & Restaurant, Mall dan Pusat Perbelanjaan, Pasar Tradisional, Komunitas UMKM, Destinasi dan obyek wisata, komunitas budaya dan pelaku dunia usaha lainnya.

Sebelum menghadiri Opening Ceremony di CFD Perempatan Ngarsopuro seluruh tamu VVIP transit di Loji Gandrung (Rumah Dinas Walikota Surakarta) dan kemudian secara bersama-sama menuju ke panggung utama Perempatan Ngarsopuro dengan menaiki kereta uap “Jaladara”.

Rangkaian event Solo Great Sale 2024 selama satu bulan penuh di awali dengan Opening ceremony, Candi Elektronik Big Sale, Solo Indonesia Culinary Festival 2024, Solo Etnik Lurik Batik & Craft 2024, Semarak Budaya Indonesia, Expo Dekranas & Talkshow, REI Expo, BUMN Great Sale, KAI Solo Fun Run, Solo Ekraf Sale, Closing Ceremony dan pengundian hadiah, serta agenda pendukung lainnya.

“Solo Great Sale 2024 melibatkan para pelaku usaha di Soloraya dari berbagai sektor seperti transportasi, perhotelan, restoran, Mall dan pusat perbelanjaan, bisnis retail, pasar tradisional, gadget dan elektronik, jasa dan keuangan maupun usaha UMKM untuk menjadi tenant Solo Great Sale 2024 dengan menawarkan berbagai macam diskon dan program promo yang menarik.” terang Ferry lebih lanjut.

Menawarkan berbagai macam paket wisata, workshop dan oleh-oleh khas Kota Solo yang di himpun dari para pelaku usaha di solo raya yang ditawarkan kepada para tamu maupun wisatawan yang akan berkunjung ke kota Solo selama bulan Mei 2024.

Menyediakan berbagai hadiah yang menarik (Mobil, Motor Listrik, Sepeda, TV, Kulkas, dll), sebagai upaya untuk mendorong masyarakat, wisatawan, tamu yang berkunjung dan berbelanja di kota solo, selama event SGS 2024. Yang akan di undi di akhir periode SGS 2024 atau Closing Ceremony tanggal 2 Juni 2024.

Menyiapkan ekosistem digital melalui aplikasi SGS Go yang akan digunakan dalam aktivitas transaksi, promosi, informasi, maupun sarana komunikasi antara pelaku usaha yang menjadi tenant peserta Solo Great Sale dengan user khususnya masyarakat yang berkunjung ke Solo dan sekitarnya. Sebagai bagian daripada program digitalisasi khususnya dalam memasyarakatkan dan memperluas penggunaan sistem pembayaran non tunai (QRIS).

Target pencapaian Solo Great Sale 2024 meliputi : sebagai kegiatan promosi pariwisata dan investasi di wilayah Soloraya, meningkatnya kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Kota Solo dengan menggunakan paket wisata berkelanjutan, meningkatnya okupansi hotel pada bulan Mei 2024, meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya sinergi aglomerasi wilayah Soloraya, terbukanya iklim investasi di berbagai sektor unggulan di wilayah Solo Raya.

“Meningkatnya produktivitas pendapatan tenant Solo Great Sale 2024, dan pada akhirnya akan mendorong meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surakarta,” tutup Ferry. (*/ian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *