Cara Mudah Pekerja Miliki Rumah! BPJS Ketenagakerjaan dan REI Jateng Jalin Sinergi

BPJS Ketenagakerjaan bersama DPD REI Jawa Tengah menjalin sinergi dalam penyediaan hunian yang layak bagi pekerja. Kamis (2/5/2024) 

JATENGONLINE, SOLO – Peningkatan permintaan akan hunian bagi masyarakat di Solo Raya terus berlanjut, potensi itu mendorong BPJS Ketenagakerjaan bersama DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah menjalin sinergi dalam penyediaan hunian yang layak bagi pekerja.

Jalinan kerjasama ini sebagai bentuk pemantapan dan sinergi program sekaligus merupakan bagian dari optimalisasi penyaluran Manfaat Layanan Tambahan (MLT) BPJS Ketenagakerjaan dalam mendukung program pemerintah dalam mengurangi tingkat backlog perumahan yang terjadi selama ini.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surakarta Teguh Wahyono bersama Wakil Ketua DPD REI Jawa Tengah Anthony Hendro Prasetyo ditemui di meeting room kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat Kamis (2/5/2024) menyampaikan, sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh REI Jawa Tengah menggandeng BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk sinergi yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Kerja sama ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi para pekerja dan anggota BPJS Ketenagakerjaan, tetapi juga akan mendukung pembangunan infrastruktur perumahan yang berkelanjutan dan juga inklusif,” ujar Teguh.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Solo Teguh Wahyono

Sementara itu Wakil Ketua DPD REI Jawa Tengah Anthony Hendro Prasetyo menjelaskan, bahwa dalam pemenuhan kebutuhan hunian yang layak bagi pekerja merupakan tugas dari seluruh pihak termasuk Pemerintah dan BPJS Ketenagakerjaan.

Dan, ini menjadi PR bersama baik itu BUMN maupun BPJS Ketenagakerjaan untuk menyediakan hunian yang layak terjangkau sehingga pekerja bisa nyaman bekerja, produktivitas meningkat, sehingga mereka bisa memberikan kontribusi bagi perusahaannya.

“Kemudahan akses terhadap perumahan yang layak merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi setiap pekerja,” tegas Anthony.

Namun, lanjut Anthony, minimnya daya beli masyarakat akibat harga rumah yang terus melambung menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh setiap pekerja.

Dimana pekerja merupakan salah satu elemen penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian bangsa. Melalui kerjasama ini merupakan bentuk komitmen dalam mewujudkan kesejahteraan pekerja dengan mewujudkan mimpi mereka, cara mudah memiliki rumah yang aman dan nyaman.

Adanya kerjasama ini dinilai mampu memberikan dampak positif kepada seluruh pihak.

“Pekerja akan mendapatkan akses lebih mudah dan terjangkau ke perumahan yang layak. Sedangkan bagi perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari meningkatnya kesejahteraan dan produktivitas para pekerjanya.” kata Anthony.

Sementara itu bagi BPJS Ketenagakerjaan sinergitas ini akan memperluas cakupan layanan bagi para pesertanya. Di sisi lain pengembang perumahan yang tergabung dalam REI juga akan diuntungkan dengan terbukanya akses ke pangsa pasar yang lebih luas.

Wakil Ketua DPD REI Jawa Tengah Anthony Hendro Prasetyo

MLT BPJS Ketenagakerjaan memberikan kemudahan bagi para pekerja untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan perumahan dengan bunga yang lebih ringan.

MLT BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan beragam fasilitas mulai dari Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) maksimal sebesar Rp150 juta, Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) maksimal sebesar Rp200 juta, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) maksimal sebesar Rp 500 juta, serta Kredit Konstruksi yang ditujukan bagi developer.

“Melalui program kerjasama Manfaat Layanan Tambahan, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi seluruh peserta program BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Teguh.

Menurut data sejak diperkenalkan pada tahun 2017, BPJS Ketenagakerjaan telah berhasil menyalurkan MLT sebanyak 4.438 unit rumah dengan nilai manfaat senilai Rp1,19 triliun.

Teguh yakin adanya dukungan dan jaringan DPD REI Jawa Tengah yang sangat luas mampu meningkatkan penyaluran MLT secara signifikan.

Di sisi lain, dengan terpenuhinya kebutuhan pokok para pekerja, mereka akan terbebas dari rasa cemas dan dapat lebih produktif dalam bekerja.

Sehingga MLT perumahan ini akan optimal jika seluruh ekosistem program perumahan saling sinergi dan bekerjasama berharap dapat membawa manfaat yang besar bagi seluruh peserta program BPJS Ketenagakerjaan dan bersama-sama menjadikan kerjasama ini sebagai tonggak awal menuju masa depan yang lebih cerah bagi para pekerja. (*/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *