banner 728x250

Optimalkan Aksi dan Kuatkan Semangat Berorganisasi, BEM KM-IIM SURAKARTA 2024 Selenggarakan Upgrading

banner 120x600
banner 468x60

JATENGONLINE, KARANGANYAR – BEM KM-IIM Surakarta menyelenggarakan agenda Upgrading dengan tema “Mengoptimalkan aksi dan menguatkan semangat berorganisasi untuk terwujudnya visi misi BEM KM-IIM”, Jumat-Senin (1-4/3/2024). Bersama beberapa pemateri Jamil Maqosid, S. Pd. I sebagai Presiden Mahasiswa BEM KM-IIM Surakarta 2013/2014, Raafila Anbiya sebagai Presiden Mahasiswa BEM KM-UNISRI periode 2023/2024 sekaligus sebagai Koordinator Wilayah Jateng DIY BEM SI, dan Hilmy Ash Shidqi sebagai Presiden Mahasiswa BEM KM-UNS periode 2023 sekaligus sebagai Koordinator Pusat BEM SI. Acara ini diadakan di Ndalem Gitosoemartan, Ngargoyoso, Karanganyar.

Kegiatan itu ditujukan untuk pengurus fungsionaris BEM KM-IIM kabinet progresif dan juga Badan Pengurus Harian dari Lembaga Eksekutif KM-IIM.

banner 325x300

Acara dibuka Jum’at sore (1/3/2024) oleh Kepala UPT Kemahasiswaan IIM, Dr. Sukari, S.Pd. I., M. Pd. I dan Presiden Mahasiswa BEM KM-IIM, Rozin Afianto serta ketua pelaksana agenda Upgrading BEM KM-IIM, Syaifullah. Acara Upgrading diisi dengan beberapa rangkaian acara, ada 3 Materi yatu Administrasi, Kepemimpinan dan Peran Mahasiswa.

Pada materi pertama, disampaikan bahwa Organisasi tidak akan jauh dari administrasi, maka bisa dikatakan bahwa adanya organisasi itu karena administrasi, tutur Jamil selaku pemateri 1 tentang Administrasi. Jamil menyampaikan bahwa dalam meng-upgrade teman-teman BEM KM-IIM dengan meluruskan niat dan jalin komunikasi dengan baik. “Administrasi itu penting dalam berorganisasi, karena tidak ideal sebuah organisasi tanpa adanya administrasi,” tuturnya.

Kemudian dilanjut di Sabtu yaitu materi Kepemimpinan yang dibawakan oleh Hilmy. Dia mengatakan kepemimpinan terbaik adalah kepemimpinan ala nabi, yang bisa disebut kepemimpinan prophetik, karena sebaik-baik pemimpin ialah para Nabi. “Untuk itu, ada tiga point dalam kepemimpinan prophetik, yaitu unsur Humanisasi, Liberalisasi dan Transendensi,” tambahnya.

Materi Peran dan Pergerakan yang dibawakan oleh Presma BEM UNISRI yaitu Rafila. Dia menuturkan bahwa peran mahasiswa akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. “Maka tidaklah orientasi kita dalam berperan kecuali dan tidak bukan untuk berpihak kepada masyarakat, begitupun ketika bergerak, bergeraklah untuk meluaskan kebermanfaatan kepada masyarakat, terutama masyarakat kecil,” ucap Rafila pada materi ke 3 di Upgrading.

Kemudian dilanjut dengan kegiatan sharing bersama Demisioner BEM KM-IIM, Malam Keakraban, dan Outbound, dan juga pemaparan materi kepada Badan Pengurus Harian dari Lembaga Eksekutif KM-IIM.
Ketua pelaksana Upgrading BEM KM-IIM, Syaifullah menyampaikan, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mengoptimalkan aksi dan menguatkan semangat berorganisasi untuk terwujudnya visi dan misi BEM KM-IIM khususnya di setengah periode terakhir di BEM KM-IIM kabinet progresif.

Pada akhir acara (3/1/2024), Syaiful memberikan pesan kepada panitia “Upgrading berjalan dengan lancar hingga akhir namun, belum selesai sepenuhnya. Karena, di tanggal 4 maret masih ada upgrading khusus BPH ormawa dengan pemateri presiden BEM KM-IIM Sdr. Rozin Afianto”.

“Dengan adanya materi-materi yang telah disampaikan dan sharing dengan Demisioner BEM KM-IIM harapannya teman-teman tambah semangat dalam berorganisasi menjalankan program kerja yang sudah dibuat untuk setengah periode terakhir BEM KM-IIM dengan lebih berperan positif bergerak progresif sebagai bentuk pengabdian dari kita untuk semua ,” lanjut Syaiful.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *