Tetap Membumi, Universitas Surakarta Halal Bihalal Pertahankan Tradisi!

JATENGONLINE, KARANGANYAR – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Universitas Surakarta (Unsa) menyelenggarakan  Halal Bihalal, yang merupakan tradisi bagi masyarakat Indonesia saat memasuki bulan Syawal untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan.

Ketua Yayasan DR. Drs. Margono, SE., MM

Agenda Halal Bihalal mengawali hari pertama masuk kerja, dihadiri oleh seluruh sivitas akademika Universitas Surakarta dan tamu undangan, acara diselenggarakan di Auditorium Prof. Dr. H. S. Brodjo Sudjono S.H., MS. Selasa (16/4/2024)

Melalui kegiatan ini diharapkan kerjasama dan hubungan seluruh Keluarga Besar Universitas Surakarta mulai dari yayasan hingga sesepuh selalu harmonis, kompak, dan erat.

Mengawali acara disampaikan sambutan dari Ketua Yayasan DR. Drs. Margono, SE., MM selain mengucapkan selamat datang kepada semuanya yang telah berkenan datang diacara Halal Bihalal  1445 H Universitas Surakarta.

“Puji syukur kepada Allah SWT, Unsa kembali dapat menyelenggarakan kegiatan ini. Selama Ramadhan kita berusaha untuk bisa menyempurnakan Keimanan dan Ketaqwaan kepada-Nya. Di hari raya Idul Fitri kita telah mengakui secara tulus kesalahan, dan memohon maaf,” kata Margono.

Lebih lanjut dikatakan Margono, bahwa baik atas nama pribadi, keluarga maupun pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Unsa mohon dimaafkan segala kesalahan. Semoga kita kembali dalam kebaikan.

“Marilah segenap civitas akademika untuk terus membangun komitmen bersama dalam menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, baik para dosen maupun tenaga pendidikan secara individu maupun bersama-sama.” lanjut Margono.

Mbak Rektor UNSA Astrid Widayani

Kepada Mbak Rektor, Margono memohon untuk untuk terus mengembangkan kurikulum sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan pasar kerja, karena yayasan juga berusaha komitmen berinvestasi dalam rangkaian infrastuktur dalam mendukung pembelajaran serta menjalin kerja sama lebih luas dengan berbagai stakeholder demi kejayaan Unsa kedepan.

“Kepada para tamu undangan yang hadir agar mau memberikan masukan, baik saran maupun kritik sekalipun demi kemajuan Universitas Surakarta, kami yakin dan percaya bapak ibu yang hadir lebih tahu tentang kekurangan kami,” harap Margono, menutup sambutannya.

Umrah gratis dari UNSA untuk karyawan teladan

Mbak Rektor Unsa Hj. Astrid Widayani, S.S., SE., MBA pada sambutannya menyampaikan, jika kampus Bumi Bengawan ini ingin menjadi perguruan tinggi berkualitas dan membumi, salah satunya dengan memberikan yang terbaik, terutama dalam kegiatan “Tri Dharma” Perguruan Tinggi.

“Tri Dharma Perguruan Tinggi Unsa, melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, selain telah banyak bersinergi serta berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta yang telah mendukung,” katanya.

Adapun semangat kampus Bumi Bengawan memiliki filosofi bumi, lanjut Mbak Rektor, demi membuat bumi agar tetap terjaga, Unsa semakin membumi, maka tetap memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya kepada generasi muda yang ingin melanjutkan kejenjang lebih tinggi, dengan kemudahan melalui beragam beasiswa yang ditawarkan.

Ditambahkan Astrid, bahwa pihaknya juga mendukung kolaborasi dengan berbagai pihak sebagaimana dalam kegiatan memperingati Hari Air Dunia 2024 dan mempromosikan 10th World Water Forum, Bali 2024.

Guna mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya air. Karena air dinilai bisa memicu konflik maupun membawa perdamaian, bisa membawa kemakmuran, air juga bisa membawa masyarakat keluar dari krisis.

“Unsa sudah sering bekerja sama dengan BBWS Bengawan Solo terkait dengan pengelolaan air. Karena itu kami sangat mendukung acara tersebut,” ujarnya.

Astrid juga akan terus menjaga dan mengembangkan Unsa menjadi kampus yang membumi, selain tetap menjaga tradisi melalui penyelenggaraan Halal Bihalal di setiap tahunnya.

Bupati Karanganyar Timotius Suryadi, S.Sos., M.Si

Sementara Bupati Karanganyar Timotius Suryadi, S.Sos., M.Si, yang berkesempatan hadir menyampaikan, atas nama pribadi maupun pemerintah Kabupaten Karanganyar mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidzin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin

“Semoga bisa menjadi orang-orang baik dan bisa bermanfaat bagi orang disekitar kita,” paparnya.

Atas nama pemerintah Kabupaten Karanganyar, Timotius mengucapkan banyak terima kasih kepada UNSA yang sudah sangat membantu bagi masyarakat di Karanganyar, yakni melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dan menjadi universitas yang semakin hebat dan tetap membumi dan berpijak di Bumi Karanganyar menjadi Karanganyar Bumi Berkah.

Duet Kolaborasi ‘Sewu Kutha’ Rektor Unsa- Bupati Karanganyar

“Kabupaten Karanganyar telah menjadi juara 1 Standar Pelayanan di Tingkat Nasional, salah satunya atas keberadaan Unsa, melalui pemberdayaan masyarakat, semoga tetap Jaya,” tegas Bupati.

Segenap tamu undangan bersalam-salaman usai ikrar halal bihalal

Acara Halal Bihalal di akhiri dengan hiburan dari Bakar Production, menampilkan kolaborasi Mbak Rektor dan Bupati Timotius, pembagian door prize, foto bareng, bersalam-salaman segenap undangan yang hadir, ditutup dengan ramah tamah dan makan siang. (*/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *