Pengajian Husnul Khatimah STIE Surakarta Gelar Halal Bihalal

JATENGONLINE, SOLO – Pengajian Menuju Husnul Khotimah (PMHK) STIESurakarta menggelar silaturrahmi dalam kemasan Halal Bihalal di Kampus STIE jl Slamet Riyadi No 435-437 Makamhaji Kartasura Sukoharjo. Sabtu (20/4/2024)

Pada kesempatan tersebut menghadirkan Ustadz H. Sunari, S.Fil.I untuk memberikan tausiyah tentang pentingnya silaturahmi dan memohon maaf dan ampunan.

Ustadz menjelaskan bahwa semangat dari Halalbihalal sendiri adalah saling memaafkan. Hal ini penting mengingat karena biasanya meminta maaf itu satu hal yang tidak selalu mudah. Tetapi jika pada momen Halalbihalal, maka memaafkan bisa saja menjadi hal yang mudah, tidak ada kendala psikis dan akhirnya bisa saling memaafkan.

Bahwa anjuran untuk saling memaafkan maaf dan syukur, merujuk pada salah satu ayat Allah dalam surah Al Imran ayat 159, “Maka, berkat rahmat Allah engkau (Nabi Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Seandainya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka akan menjauh dari sekitarmu. Oleh karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam segala urusan (penting). Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakal”.

“Ayat tersebut merupakan salah satu semangat yang sangat Luhur, resep dari Al-Qur’an, dan menjadi kunci dari hubungan baik yang harmonis,” ujar Ustadz Sunari.

H. Sunarto Isstianto bersama Ustadz H Sunari

Selanjutnya, ia membahas tentang rasa syukur. Ia mengatakan, “Kita bersyukur kepada Allah SWT atas karunia dan nikmat, khususnya ketika kita sudah meraih akreditasi unggul, ini adalah rahmat Allah SWT. Marilah kita berkomitmen dan menyatakan sesuatu yang sangat penting.

Ketua PMHK STIESurakarta HM Sutarno HF menyampaikan, bahwa intinya, harus bersyukur atas nikmat yang Allah berikan dengan cara memanfaatkannya sebagai peluang yang baik untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa.

“Harus terus meningkatkan ini dengan baik, komitmen yang kuat melalui muhasabah diri, maka dampaknya akan kembali ke kita semua,” jelasnya.

Foto bareng jamaah PMHK usai halalbihalal

Turut mengundang acara Halbi tersebut para sesepuh H. Samsudiat, H. Ichwan Dardiri, H. Sunarto Isstianto. Hadir ratusan jamaah PMHK, diakhiri dengan foto bersama dan bersalam-salaman. (*/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *