Ambil Formulir Pendaftaran, Kusumo ‘Siap Tarung’ Dalam Penjaringan Cawawali PDIP Solo

JATENGONLINE, SOLO – Advokat kenamaan Solo Dr BRM Kusumo Putro, SH., MH., memenuhi apa yang menjadi niatnya untuk mengikuti kontestasi Pilwalkot Solo 2024. Pria yang juga pemerhati budaya itu telah resmi mengambil formulir pendaftaran diri menjadi Cawawali melalui PDI Perjuangan.

Tokoh masyarakat dan pegiat budaya itu, resmi mengambil formulir pendaftaran Calon Wakil Wali Kota Solo 2024-2029 di Kantor DPC PDIP Kota Solo, Senin (15/4/2024).

Pria yang peduli terhadap masalah sosial kemasyarakatan tersebut siap meramaikan panggung Pilkada Solo 2024 November mendatang.

“Alhamdulillah saya telah diterima oleh tim penjaringan PDIP Solo, setelah diberi formulir pendaftaran selanjutnya secepatnya akan diisi dan sesegera mungkin kita kembalikan,” ujar Kusumo ditemui usai ambil formulir.

Ditambahkan Kusumo, jika dirinya menjadi kader PDIP Solo sudah sejak puluhan tahun lalu, namun ini kali pertama memutuskan untuk mewarnai panggung Pilkada Solo 2024. Sebagai wujud prihatinnya atas apa yang dialami oleh masyarakat dan kondisi Kota Solo yang signifikan jauh dari kata layak.

“Dorongan masyarakat arus bawah, membuat saya semakin kuat untuk mendaftar,” tegas Kusumo.

Kusumo pun juga mengaku, telah melakukan koordinasi dengan sejumlah tokoh masyarakat. Mereka memberikan lampu hijau, untuk berkompetisi dalam rangka ikut mewarnai demokrasi Pilkada 2024.

Keyakinan Kusumo pun kian besar, jika dirinya bakal mendapatkan rekomendasi dari Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri. Meskipun di yakininya merupakan hak prerogatif sang ketua umum, maka ia pun menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan DPP PDIP.

Namun demikian, pegiat Forum Budaya Mataram ini berharap kepada DPC PDIP Solo untuk membuat forum terbuka. Dimaksudkan untuk mengetahui lebih dalam visi dan misi calon yang mendaftar.

Dengan mengundang seluruh tokoh masyarakat Solo, akademisi dan para mahasiswa, lalu tokoh-tokoh organisasi masyarakat dan seluruh elemen masyarakat untuk adu gagasan dan adu ide.

“Adu program yang tujuannya demi untuk mensejahterakan dan memakmurkan warga kota Solo,” terangnya.

Ketua Tim Pemenangan Pilkada Surakarta PDI Perjuangan YF. Sukasno menyampaikan, jika PDIP Solo telah membentuk tim penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Solo 2024. Sesuai dengan instruksi DPP PDIP Nomor 6027/IM/DPP/III/2024, dimana DPP mengintruksikan kepada DPC untuk segera melakukan penjaringan dan pemetaan politik.

PDIP merupakan partai yang terbuka, dimana akan memberi kesempatan pada seluruh warga masyarakat Kota Surakarta juga yang di luar Solo.

“Kami melakukan penjaringan secara internal dan eksternal,” jelas YF. Suka sno.

Penjaringan internal sendiri tertuju pada kader-kader PDIP. Sementara penjaringan eksternal dalam arti bagi yang tidak mempunyai KTA PDIP, sehingga mereka yang tak mengantongi juga dapat kesempatan untuk mendaftar sebagai bacalon kepala daerah Surakarta.

Adapun pelaksanaan penjaringan sendiri dibuka hingga 24 Mei 2024 mendatang untuk verifikasi. Selanjutnya pada tanggal 31 Mei 2024, DPD menyerahkan hasil penjaringan ke DPP PDIP.

Usung Dua Program Unggulan

Kusumo menegaskan bahwa niatnya maju pilkada sudah sangat kuat. Ia berharap bisa dan mampu mengabdikan diri dengan melayani masyarakat Solo melalui jalur pemerintahan.

Dirinya mengaku sudah menyiapkan berbagai program pembangunan di Solo. Yang paling krusial adalah pengentasan warga dari kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja baru.

 

Kusumo juga mengapresiasi langkah DPC PDIP Kota Solo yang membuka penjaringan cawali dan cawawali secara terbuka, dan untuk umum. Bukan hanya untuk kader internal saja, dan berharap dalam pelaksanaannya secara transparan. (*/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *